AKTIVITAS CYBER PIDANA DI INDONESIA


AKTIVITAS CYBER PIDANA DI INDONESIA

AKTIVITAS CYBER PIDANA DI INDONESIA – Pertumbuhan infotech yang terjadi di hampir setiap negara adalah fitur di seluruh dunia yang telah menyebabkan hilangnya batas-batas nasional.

Negara-negara yang saat ini memiliki infrastruktur jaringan info yang lebih memadai tentu akan menikmati hasil dari kemajuan infotech mereka, menciptakan negara-negara dalam perkembangan mereka tentu akan merasakan kecenderungan pengenalan neo-kolonialisme.

Ini mengungkapkan perubahan paradigma di mana jaringan informasi adalah fasilitas untuk kemajuan suatu negara.

Tanpa penguasaan ini serta pemahaman tentang infotech, kesulitan-kesulitan globalisasi pasti akan mengarah pada ketergantungan yang tinggi pada perayaan-perayaan lain dan juga hilangnya kemungkinan untuk diselesaikan sebagai akibat dari tidak adanya penggunaan teknologi informasi.

AKTIVITAS CYBER PIDANA DI INDONESIA

Tentunya tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi web akan berdampak besar pada perkembangan kehidupan manusia. Ini tentu akan memiliki efek baik secara positif maupun negatif.

Sehubungan dengan kemajuan teknologi yang menguntungkan, kita harus bersyukur atas keberadaannya, jelas, ini dapat dimanfaatkan untuk membantu dan juga membantu dalam pekerjaan manusia.

Hari ini Net telah banyak digunakan di berbagai bidang kehidupan dari bidang pendidikan, keuangan, layanan serta pemerintah federal.

e-education dalam pendidikan dan pembelajaran

e-banking di bidang Keuangan
berbelanja di bidang ekonomi dan layanan
e-government di bidang pemerintahan Federal

Dari uraian di atas, tentunya kita memahami bahwa perkembangan dunia internet tentunya akan membawa beberapa manfaat menguntungkan yang dapat kita nikmati. Kemudahan dalam melakukan pembelian di seluruh dunia untuk pendidikan, perbankan, penjualan atau transaksi pembelian di dunia bisnis, selain kenyamanan dalam mengakses bidang pemerintahan, dan mungkin juga lebih banyak manfaat yang akan kita rasakan di berbagai bidang lainnya.

Namun, meskipun perkembangan internet memiliki dampak yang menguntungkan yang menguntungkan bagi kita, kita juga tidak dapat mengabaikan pengaruh buruk yang akan membuat kita mengasihani pertumbuhan internet.

Salah satunya adalah kejahatan di dunia cyber atau apa yang kita lebih tahu tentang kejahatan dunia maya. Dalam beberapa literatur kejahatan dunia maya sering diidentifikasikan dengan pelanggaran sistem komputer. Amerika Serikat.

Departemen Kehakiman memberikan pemahaman tentang kejahatan sistem komputer sebagai … “segala jenis tindakan yang dilarang yang membutuhkan pengetahuan tentang teknologi komputer untuk tindakan, penyelidikan, atau penuntutannya”.

Definisi lain disediakan oleh Perusahaan Perkembangan Lingkungan Eropa, khususnya; “Segala jenis tindakan curang yang tidak sah atau tidak sah yang berkaitan dengan pemrosesan otomatis serta / atau transmisi data”.

Sementara Andi Hamzah dalam bukunya “Aspek Wrongdoer di Bidang Komputer” (1989) mendefinisikan cybercrime sebagai kejahatan di bidang komputer secara keseluruhan dapat diambil dilarang menggunakan sistem komputer.

Pada saat yang sama menurut Eoghan Casey “Kejahatan dunia maya digunakan di seluruh teks ini untuk merujuk pada segala jenis kegiatan kriminal yang melibatkan pelanggaran pidana yang tidak banyak bergantung pada sistem komputer”. Ia mengkategorikan kejahatan dunia maya dalam 4 klasifikasi:

Komputer dapat menjadi objek Kejahatan

Komputer dapat menjadi topik pelanggaran kriminal
Sistem Komputer dapat digunakan sebagai perangkat untuk melakukan persiapan kejahatan

Tanda sistem komputer dapat digunakan untuk mengintimidasi atau menipu.

Dari beberapa makna ini, kejahatan dunia maya dapat dibuat sebagai tindakan melawan hukum yang dilakukan dengan menggunakan jaringan komputer sebagai alat / alat atau komputer sebagai objek, baik untuk memperoleh pendapatan atau dengan mengorbankan orang lain.