Makna Jenis dan Teknik Tindak Pidana Kejahatan Dunia Maya


Makna Jenis dan Teknik Tindak Pidana Kejahatan Dunia Maya

Makna, Jenis, dan Teknik Tindak Pidana Kejahatan Dunia Maya

Apa itu kejahatan virtual? Arti kejahatan dunia maya adalah tugas kejahatan di dunia online dengan memanfaatkan jaringan area lokal sebagai perangkat serta jaringan internet sebagai media.

Dalam perasaan seluas-luasnya, definisi kejahatan pidana dunia maya adalah semua kegiatan ilegal yang dilakukan melalui jaringan komputer dan internet untuk mendapatkan penghasilan dengan mengorbankan orang lain.

Makna Jenis dan Teknik Tindak Pidana Kejahatan Dunia Maya

Dalam arti yang ramping, interpretasi kejahatan dunia maya adalah semua tindakan yang dilarang untuk menyerang sistem perlindungan sistem komputer dan data yang disempurnakan oleh sistem komputer.
Kejahatan dunia maya atau kejahatan dunia maya dapat dilakukan dengan berbagai cara dan juga berbagai tujuan. Kejahatan dunia maya ini biasanya dilakukan dengan perayaan yang mengenali sekaligus menguasai bidang teknologi informasi.

Kejahatan siber ini mulai muncul sejak tahun 1988 yang pada waktu itu disebut Cyber ​​Strike. Pelaku kejahatan dunia maya saat itu mengembangkan worm / infeksi untuk menyerang komputer yang menyebabkan sekitar 10% komputer di planet ini yang terhubung ke internet mengalami kematian total.

Memahami Kegiatan Penjahat Dunia Maya Menurut Para Profesional
Untuk lebih memahami definisi kegiatan kejahatan dunia maya, kita bisa merujuk pada sudut pandang yang melekat pada para ahli:

  1. Parker
    Menurut Parker (Hamzah 1993: 18), kejahatan virtual adalah aktivitas atau peristiwa yang berkaitan dengan teknologi komputer. Di mana seseorang mendapat untung dengan mengorbankan acara lain.
  2. Wahid & Labib
    Menurut Wahid dan juga Labib (2010: 40), gagasan tentang kejahatan dunia maya adalah segala macam penggunaan jaringan area lokal untuk tujuan kriminal dengan penyalahgunaan kemudahan teknologi modern elektronik.
  3. Widodo
    Menurut Widodo (2011: -RRB-, makna kegiatan kejahatan dunia maya adalah semua kegiatan individu atau tim yang memanfaatkan jaringan area lokal sebagai cara melakukan kejahatan, atau menjadikan sistem komputer sebagai target pelanggaran pidana.
  4. Organisasi Pertumbuhan Lingkungan Eropa (OECD).
    Menurut OECD, kejahatan dunia maya adalah semua akses ilegal ke transmisi informasi. Artinya, semua kegiatan ilegal dalam sistem komputer terdiri dari tindak pidana (Karnasudiraja, 1993: 3).