Ancaman Cyber Dalam Dunia Milliter

Ancaman Cyber Dalam Dunia Milliter

Ancaman Cyber Dalam Dunia Milliter – Sekarang ini adalah era cyber dimana suatu negara yang ketinggalan atau tidak mempunyai keamanan tentang cyber, maka hal tersebut menjadikan ancaman khusus bagi negara yang bersangkutan.

Dalam dunia militer, penggunaan teknologi terutama internet juga berperan penting dan hal tersebut merupakan suatu hal yang harus diwaspadai oleh setiap negara.

Karena serangan dalam dunia cyber tidak kalah hebat dibanding dengan serangan fisik.

Serangan cyber dapat langsung melumpuhkan pusat data serta pencurian dokumen penting negara, maka begitu penting jika suatu negara harus mempunyai atau mengetahui tentang cyber.

Ancaman Cyber Dalam Dunia Milliter

Jika ada suatu negara yang tidak mempunyai sistem atau jaringan tentang cyber maka siap – siap negara itu akan hancur atau akan ketinggalan teknologi didalam dunia internet.

Semakin kuat pertahanan cyber suatu negara akan semakin disegani negara itu, karena jika cyber suatu negara bisa melindungi data – data negara maka negara itu akan merasa aman.

Jika cyber kita lemah makan banyak hacker – hacker yang bisa mengambil data negara atau bisa mengetahui tentang apa saja di negara kita, maka kita perlu orang yang bisa menjaga pertahanan dari dunia maya.

Cyber Nasional Dalam Petahanannya

Oleh karena itu, Lemhanas juga berencana untuk ikut serta dalam mempertahankan kedaulatan Indonesia tidak hanya di dunia nyata tetapi juga di dunia maya. Lemhanas telah berpartisipasi untuk membuat Pertahanan Cyber Nasional.

Pertahanan Cyber Nasional sebagai tentara di dunia maya yang dapat melindungi nasional Indonesia dari serangan cybercrime.

Sayangnya, menurut kepala cyber nasional Lemhanas tidak memiliki wewenang untuk membuat badan khusus tersebut.

Sejauh ini Pertahanan Cyber Nasional masih menunggu konsep dan sampai sekarang Indonesia belum memiliki lembaga khusus untuk mengurusi masalah cyber,” ungkap peimpinan lemhanas.

Karena pemerintah belum ada keputusan untuk membuat suatu cyber khusus untuk menganani hacker – hacker yang bisa meretas data – data negara, tetapi pemerintah hanya merengrut beberapa para ahli dalam masalah cyber.