Kriminalitas Dunia Maya Pengertian Defacing Dan Deface

Kriminalitas Dunia Maya Pengertian Defacing Dan Deface

Kriminalitas Dunia Maya Pengertian Defacing Dan Deface – Untuk anda yang berkerja dengan mengguakan jaringan internet, pasti anda akan kesal dengan kriminalitas dunia maya yang disebut dengan hacker.

Salah satunya adalah defacing sebelum saya bercerita begitu jauh tentang defacing, saya akan memberi tahu pengertian dengan defacing itu.

Defacing adalah merupakan bagian dari kegiatan hacking web atau program application, yang menfokuskan target operasi pada perubahan tampilan dan konfigurasi fisik dari web atau program aplikasi tanpa melalui source code program tersebut.

Deface adalah teknik mengganti atau menyisipkan file pada server, teknik ini dapat dilakukan karena terdapat lubang pada sistem security yang ada di dalam sebuah aplikasi.

Kriminalitas Dunia Maya Pengertian Defacing Dan Deface

Dan teknik defacing ini biasanya untuk merubah tampilan website para korbannya, dengan tempilan yang dimili oleh si defacer, dan biasan para hacker jika mereka sudah sukses melakukan perubahan pada targernya mereka akan meninggalkan nickname mereka agar bisa di lihat oleh semua kalayak hacker.

Ada juga jenis – jenis dari defacing dan deface, apa saja jenis – jenisnya cekidot:

Deface dibagi menjadi dua bagian yaitu Full of page dan Sebagian atau hanya menambahi.

Dan defacing umumnya dapat terjadi dikarenakan yang pertama adalah Internal, dan internal ini dibagi menjadi beberapa bagian yaitu,

Kesalahan konfigurasi,
Kelalaian admin, dan ada juga jenis kelalaian yang terjadi yaitu:

  • Install file dan folder
  • File konfigurasi dan permission
  • Run of date
  • Run of service
  • Cannot keep secret
  • Kurang hati-hati saat login ke mesin

Ekternal dan ekternal dibagi beberapa bagian yaitu:

Sofware vulnerabilities
Sistem vulnerabilities
Run of control dan run fo control ini juga dibagi menjadi beberpa jenis yaitu:

  • Brute forcing
  • Dictionarry attack
  • DOS attack 
  • Sniffing

Cara untuk menanggulangi kasus defacing

1. Penggunaan Firewall. Tujuan utama dari firewall adalah untuk menjaga agar akses dari orang tidak berwenang tidak dapat dilakukan.

Program ini merupakan perangkat yang diletakkan antara internet dengan jaringan internal.

Informasi yang keluar dan masuk harus melalui atau melewati firewall. Firewall bekerja dengan mengamati paker Intenet Protocol (IP) yang melewatinya.

2. Penggunaan SSL (Secure Socket Layer). Ini akan berfungsi untuk menyandikan data.

3. Menutup service yang tidak digunakan.

4. Adanya sistem pemantau serangan yang digunakan untuk mengetahui adanya tamu/seseorang yang tak diundang (intruder) atau adanya serangan (attack).

5. Melakukan back up secara rutin.

6. Adanya pemantau integritas sistem. Misalnya pada sistem UNIX adalah program tripwire. Program ini dapat digunakan untuk memantau adanya perubahan pada berkas.