Berhati-hatilah Dalam Menggunakan Sosial Media

Berhati-hatilah Dalam Menggunakan Sosial Media

Berhati-hatilah Dalam Menggunakan Sosial Media – Sosial media merupakan salah satu aplikasi atau software yang banyak berhubungan dengan kehidupan manusia. Anda pasti sudah tahu apa kegunaan atau fungsi dari sosial media. Mari kita bahas sedikit tentang teknologi yang berhubungan langsung dengan kehidupan masyarakat.

Teknologi memang sudah semakin berkembang sejak meningkatnya penggunaan ponsel didunia. Hampir 90% masyarakat sudah menggunakan ponsel dan internet dengan baik. Sehingga akhirnya terciptalah sosial media untuk masyarakat bisa berhubungan melalui online.

Berhati-hatilah Dalam Menggunakan Sosial Media

Sosial media memang berfungsi untuk bersosialisasi dengan banyak orang diseluruh dunia melalui sistem online. Selain itu, sosmed juga sering dijadikan sebagai media penyebaran informasi karena bisa diakses seluruh dunia.

Kehidupan sudah sangat berbeda sejak sosial media menguasai hidup masyarakat. Banyak orang menyalahgunakan sosial media untuk hal-hal yang tidak beguna atau mengganggu.

Beberapa orang mengira mengganggu di sosial media tidaklah seperti kejahatan serius di dunia nyata. Kenyataannya gangguan yang dibuat di dunia maya bisa lebih berdampak buruk bagi orang lain.

Banyak orang melakukan penghinaan, pembullyan, lontaran kata kasar, menyebarkan fitnah di sosial media. Hal-hal tersebut dilakukan oleh para pengguna sosial media karena beberapa mengira kelakuan tersebut adalah hal biasa atau umum dalam dunia maya.

Sosial Media Dipantau Team Cyber

Karena sekarang dunia maya menyimpan jejak digital seumur hidup, tentu hal tersebut bisa masuk dalam undang-undang kejahatan.

Data apapun yang kalian gunakan di akun sosial media yang kamu miliki akan mudah diketahui oleh pihak cybercrime. Anda pasti tahu bahwa pemerintah sekarang sudah memiliki tim penyidik bagian digital yang tentu bisa dengan mudah mencari pelaku kejahatan melalui media online.

Gunakan jari dan pikiran bersih saat berkomentar. Pastikan tidak mengandung bahasa kasar, menyinggung dan ancaman. Berikan opini dan saran diperbolehkan bebas namun bukan menjurus ke penghinaan publik.

Banyak orang menggunakan sosial media untuk ajang pamer kehidupan. Usahakan tidak perlu berpendapat jahat karena pendapatmu bisa saja menjadi bencana untuk kehidupan nyatamu.